Jika Tidak Berwudhu, Al-Qur'an Yang Manakah Yang Haram Disentuh ?

Posted by


Menyentuh  Qur’an dengan (ketiadaan) air sembahyang itu adalah haram. Maka Quran yang mana yang dimaksud haram sentuh itu. Apa Quran yang tiga puluh juz ini (yaitu qur’an yang selama ini kita lihat) atau (Quran) yang pada Lauhul Mahfudh, kalau dalam lauhul mahfudh tentu tidak bisa kita sentuh karena jauh. Dan kalau Qur’an yang kita baca ini maka (dia) berhuruf dan bersuara bukan kalam tuhan, karena kalam tuhan tidak berhuruf dan bersuara ?

JAWABAN

            Yang haram disentuh itu adalah Qur’an yang 30 juz ini, yang ia (Qur’an yang 30 juz itu) adalah kalam Allah, artinya Kalam Lafdhi, karena (sesuai dengan hadist riwayat) Sayidina Aisyah :
القرأن ما بين دفتي المصحف
Al-Qur’an itu (haram disentuh) diantara dua pinggiran mushaf

Jadi lafadz  Qur’an itu Mustarak Syara’ (yaitu banyak cabang hukum didalam syara, diantaranya sebagai berikut) :

##  Maknanya (adalah) Kalam Allah yang berdiri pada dzat-Nya dan yang itulah yang tidak berhuruf dan tidak (ber) suara itu. Dan bukan ini yang dikehandaki dengan
لا يمسّه الاّ المطهرون (Tidak boleh menyentuh al-Qur’an melainkan orang—orang yang suci)

## Maknanya (adalah) kalam lafdhi, menurut keterangan kitab Ghayatul Ushul dan kitab Jam’ul jawami’, dan yang inilah yang dikehendaki dengan (dalil al-Qur’an) لا يمسّه الاّ المطهرون  itu. Adapun (huruf)  لا pada ayat itu (adalah bentuk arti dari) Nafi dengan makna Nahyi (yang) artinya terjemahnya (adalah) “tiada”-“maksud”-“jangan”, (maka) inilah maksud orang (dengan sebutan) Ma’ani Khabariyah Lafdhan-Insyaiyyah Makna dan (hal) inilah yang dimaksud oleh (ulama) fuqaha (yaitu) Khabar dengan makna Nahyi.

Jadi yang murad (atau yang di-maksud) disentuh disini ialah Mushaf al-Qur’an bukan lafadz al-Qur’an karena lafadz al-Qur’an tak dapat disentuh (karena tidak bersuci). Nasnya didalam kitab Syarqawi, juzu’ pertamanomor 85 :
 (قوله بمسّ و حمله ما هو فيه) اشار بذالك الى دفع ما يقال ان القرأن يطلق على اللفظ المنزل على سيدنا محمّد صلى الله عليه و سلم لاعجاز المتعبّد بتلاوته المتحدى بأقصر سورة منه و على الصفة القديمة القائمة بذاته تعلى و كل منها لا يمس و حاصل الدفع ان مسه بتحقق بمسّ اللوح او المصحف الذى هو اى القرأن بمعنى اللفظ او الصفة فيه و لا بدّ من تقدير فى عبارته لان المستقرفى اللوح او المصحف هو النقوش لا اللفظ ولا الصفة القديمة و التقدير ما اى مصحف مثلا هو اى داله وهو النفوش فيه اى فى ما ولا شك ان النفوش دالة على الالفاظ هذا ان اريد بالقرآن و اما ان اريد الصفة القديمة فالمعنى ما هو اي دال مدلولة فيه لان النقوش دالة على الفظ والالفاظ دالة على المعانى المدلولة للصفة القديمة ايضا لان الكتابة تدل على العبارة و هي تدل على ما فى الذهن وهو على ما فى الخرج فكل شئ له وجودات اربع وجود فى البنا بالكتابة و وجود فى اللسان بالنطق و وجود فى الاذهان بالتصور و وجود فى العيان بالمشاهدة اهـ .

 Telah di Syarahkan (dijelaskan) Perkataan Musannif  bahwasanya  dengan menyentuh dan membawa al-Qur’an dan sesuatu yang terdapat didalamnya adalah dilarang karena sesungguhnya al-Qur’adalah  lafadz  mutlak yang (lafadznya itu) diturunkan kepada pemimpin kita Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat bagi orang yang membacanya yang suratnya dimudahkan menjadi satu al-Qur’an dan al-Qur’an itu  terdapat sifat Dzat Allah yang Qadim yang bediri sendiri. Disetiap sesuatu hal yang terdapat didalamnya (baik isi ayat al-qur’an, sampul dll) tidak boleh disentuh (tanpa air wudu). Sesungguhnya orang yang menyentuh al-Qur’an itu adalah sama dengan menyentuh Lauhil Mahfudh ataupun mushaf yang dari mushaf itu adalah Al-Qur’an dengan arti penyentuhan lafadz atau sifatnya (seperti sampul, tali, roslating al-Qur’an dll) maka tidak boleh disentuh.

Sumber : 
Kitab Al-Fatawa Abuya Muda Waly Al-Khalidy


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 19.37

0 komentar:

Posting Komentar